Selamat Datang Di Akademi Pariwisata STIPARY Yogyakarta - Telp. (0274) 4332832

        UJI KOMPETENSI DENGAN 6 ...

UJI KOMPETENSI DENGAN 6 KONSENTRASI PROFESI

02 Desember 2014

Akpar STIPARY Yogyakarta, menjawab tantangan Asean Economic Community
membekali mahasiswa dengan 6 Konsentrasi profesi


Asean Economic Community (AEC)/Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) telah didepan mata, tentu tidak dapat dihindari lagi persaingan terbuka perebutan kesempatan kerja bagi masyarakat professional di ASEAN, ini artinya bahwa hanya tenaga kerja yang professional dengan kwalifikasi profesi yang memadailah yang akan memenangkan pertarungan ini. Akademi Pariwisata STIPARY Yogyakarta sebagai perguruan tinggi Vocasi , sejak 10 tahun terakhir menjawab tantangan ini dengan mempersiapkan lulusanya untuk menghadapi situasi global semacam ini, mulai dari mendekatkan kurikulum dengan Standard Kompetensi Kerja Nasional (SKKNI), melibatkan sebagian besar dosen dosen sebagai Assesor Kompetensi Kerja Nasional (Assesor LSP-BNSP), menjalin kerjasama dengan berbagai asosiasi profesi dan sejak 5 tahun terakhir menyelenggarakan Uji Konsentrasi Profesi yang dalam pelaksanaanya bekerja sama dengan Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) serta selalu mengundang para praktisi di dunia Industry perhotelan serta tamu tamu asing, untuk menciptakan suasana industry.
Uji Konsentarsi profesi diselenggarakan secara rutin setiap tahunya terhadap mahasiswa semester 5 sebagai tambahan bekal berupa Value (nilai) lebih untuk mereka dapat memilki daya saing (competitiveness) dengan harapan mahasiswa tidak menemui kesulitan dalam bersaing didunia profesi terlebih ditingkat Internasional
Pada semester Gasal Tahun Akademik 2014/2015 ini telah diselnggarakan Uji Konsentrasi Profesi tangal 22 November 2014 yang diikuti oleh 75 mahasiswa meliputi 6 Konsentrasi profesi yaitu Front Office, Housekeeping, Bartending, F&B Service, Food Product, Pastry&Bakery Product
Uji Konsentrasi Profesi diselenggarakan di Kampus Akademi Pariwisata STIPARY, yang di set sebagai hotel praktek dengan Standard Operational Procedure sesuai hotel pada umumnya mulai dari para undangan yang berasal dari berbagai hotel berbintang dijogjakarta serta beberapa tamu tamu Asing disambut oleh Bell staff ditangga hotel, kemudian di escort menuju counter front office untuk dilayani proses check in oleh Reception, dilanjutkan dengan escorting guest menuju Room sesuai request dengan menjelaskan Room Facilities, selanjutnya guest check out menuju restaurant untuk lunch sampai Uji Konsentrasi berakhir dengan pengarahan dan masukan dari Persatuan Hotel Dan Restauran (PHRI) dan beberapa tamu undangan. Kegiatan ini mendapat apresiasi dari PHRI, berbagai assosiasi profesi khususnya dilingkungan perhotelan, agent chrueship serta HRD dan General manager beberapa hotel yang diundang.